107 anak Gaza terancam cacat mental

Gaza, SPNA - Kementerian Kesehatan Gaza mengumumkan 107 anak terancam cacat mental karena kekurangan susu untuk menanggulangi penyakit PKU.....

BY 4adminEdited Tue,28 Aug 2018,03:00 PM

Gaza, SPNA - Kementerian Kesehatan Gaza mengumumkan 107 anak terancam cacat mental karena kekurangan susu untuk menanggulangi penyakit PKU. Penyataan tersebut disampaikan Asyraf Qudrah, juru bicara resmi Kementerian Kesehatan Gaza.

“107 anak mengalami penurunan intelektual dan gangguan motorik serta psikologis, 22 di antara mereka adalah anak di bawah satu tahun. Mereka terancam cacat mental karena kekurangan susu terapi PKU.” Kata Asyraf.

Kekurangan asupan susu tersebut dapat menyebabkan komplikasi. Anak yang menderita PKU akan mulai kehilangan kecerdasan otak yang pada akhirnya dapat menyebabkan cacat mental.

Kementerian mengatakan bahwa susu khusus yang dibutuhkan untuk anak-anak penderita PKU yang berumur kurang dari 12 bulan habis total di Gaza. Sedangkan stok untuk anak yang di atas satu tahun masih tersisa untuk tiga minggu ke depan.

Kementerian Kesehatan Gaza dihadapkan pada kondisi sulitnya mendapatkan obat-obatan dan peralatan medis yang sudah berlangsung lama sejak pemberlakukan blokade Israel tahun 2006.

Israel memblokade Gaza pasca kemenangan yang diperoleh Hamas dalam pemilu parlemen tahun 2006. Blokade tersebut bertambah parah dari tahun ke tahun yang menjadikan Gaza penjara terbesar di dunia.

(T.HN/S:Palsawa)

leave a reply